Kuliner Khas Stockholm: Makanan Favorit Orang Swedia

OUTSIDETHEARC – Stockholm, ibu kota Swedia, adalah kota yang menawan dengan tradisi kuliner yang kaya dan beragam. Keunikan gastronomi di kota ini tercermin dari pengaruh tradisi lama dan inovasi modern. Artikel ini akan membahas beberapa makanan favorit yang sering dinikmati oleh penduduk Stockholm.

1. Smörgåsbord

Smörgåsbord adalah istilah untuk menyebut prasmanan ala Swedia yang menyajikan berbagai jenis hidangan dingin dan panas. Konsep ini sangat populer di kalangan warga Stockholm terutama saat perayaan atau kumpul keluarga. Smörgåsbord biasanya meliputi ikan herring dalam berbagai saus, salmon asap, daging dingin seperti meatball Swedia dan ham, keju, roti, dan salad.

2. Köttbullar (Meatballs)

Köttbullar, atau meatball Swedia, adalah salah satu makanan yang paling dikenal dari Swedia. Meatball ini biasanya disajikan dengan potongan kentang, saus krim berwarna coklat, dan selai lingonberry. Köttbullar menjadi pilihan makan siang yang mengenyangkan bagi banyak orang Stockholm dan merupakan simbol dari masakan rumah yang hangat dan menggugah selera.

3. Sill och Potatis (Herring dan Kentang)

Herring adalah salah satu ikan yang penting dalam diet Swedia dan sering dikonsumsi dengan kentang. Herring bisa diolah dengan cara diasinkan, diawetkan dalam cuka, atau dimasak dengan berbagai bumbu. Warga Stockholm menyukai sill och potatis terutama pada perayaan Midsummer dan Natal.

4. Surströmming

Surströmming mungkin adalah salah satu makanan Swedia yang paling menantang untuk dicoba karena aromanya yang sangat kuat akibat proses fermentasi. Meski begitu, bagi beberapa penduduk Stockholm, makan ikan fermentasi ini adalah tradisi dan disantap bersama kentang rebus, bawang merah cincang, dan krim asam.

5. Räksmörgås dan Smörgåstårta

Räksmörgås adalah sandwich udang yang sering disantap sebagai makanan ringan atau makan siang. Sedangkan smörgåstårta adalah “sandwich cake” yang terdiri dari lapisan roti dengan isian seperti daging kepiting, mayones, dan hiasan seperti udang, telur, dan sayuran. Kedua hidangan ini mencerminkan cinta warga Stockholm terhadap seafood.

6. Fika

Fika bukanlah makanan, melainkan sebuah tradisi minum kopi yang sangat penting di Swedia. Fika bisa dianggap sebagai istirahat santai di mana orang menikmati kopi bersama dengan kue atau biskuit. Di Stockholm, kafe-kafe menyediakan berbagai jenis kue khas seperti kanelbulle (cinnamon roll) dan kladdkaka (chocolate cake) yang menjadi favorit saat fika.

7. Pannkakor (Pancake Swedia)

Pancake versi Swedia ini biasanya lebih tipis dan disajikan sebagai dessert dengan selai atau krim kocok. Pannkakor sering ditemukan di menu restoran atau kafe sebagai penutup yang ringan dan manis.

Kesimpulan

Kuliner Stockholm mencerminkan kombinasi indah antara tradisi dan inovasi. Makanan-makanan di atas hanyalah beberapa contoh dari sekian banyak pilihan yang bisa dijelajahi di kota ini. Bagi pengunjung atau penduduk baru, mencicipi makanan-makanan ini adalah cara terbaik untuk merasakan budaya dan tradisi kuliner Stockholm yang autentik.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *