OUTSIDETHEARC – Bern, ibu kota Swiss, tidak hanya terkenal dengan arsitektur bersejarahnya yang mempesona dan beruang, simbol kota, tetapi juga dengan kuliner yang kaya akan rasa dan tradisi. Di antara berbagai hidangan yang menjadi favorit, fondue menduduki posisi teratas sebagai makanan khas yang disukai banyak orang, baik warga lokal maupun turis yang berkunjung.

Sejarah Fondue:
Fondue berasal dari tradisi Swiss di mana keju dan anggur disimpan oleh para petani di daerah pegunungan untuk dimanfaatkan selama musim dingin. Fondue merupakan cara cerdik untuk memanfaatkan keju yang mengeras dan roti yang menjadi kering. Dengan mencairkan keju dan mencelupkan roti, mereka menciptakan hidangan yang tidak hanya mengenyangkan tetapi juga lezat.

Komposisi Fondue:
Fondue terbuat dari campuran keju yang dicairkan, biasanya menggunakan keju Gruyère dan Emmental, yang dilelehkan dengan anggur putih, sedikit tepung maizena, dan bumbu seperti bawang putih, pala, dan kadang-kadang brendi atau schnapps. Campuran ini dipanaskan dalam pot khusus yang disebut caquelon, yang terbuat dari keramik atau logam, dan disajikan hangat.

Cara Menikmati Fondue:
Fondue dinikmati dengan menggunakan garpu panjang untuk mencelupkan potongan roti atau sayuran ke dalam keju cair. Tradisi ini bukan hanya tentang makan, tetapi juga tentang kebersamaan. Orang-orang berkumpul di sekitar pot fondue, berbagi makanan dari pot yang sama, yang menciptakan suasana keakraban dan kebersamaan.

Variasi Fondue:
Meskipun fondue keju adalah yang paling populer, ada juga variasi lain seperti fondue daging, di mana potongan daging direbus dalam kaldu atau minyak panas, dan fondue cokelat, yang menawarkan pengalaman penutup manis dengan buah-buahan dan kue yang dicelupkan ke dalam cokelat leleh.

Kesimpulan:
Fondue tidak hanya makanan favorit di Bern atau Swiss, tetapi juga telah menjadi simbol dari tradisi kuliner negara tersebut. Kenikmatan fondue tidak semata-mata dari rasanya yang lezat, tetapi juga dari pengalaman bersantap bersama yang menyatukan orang-orang. Di Bern, fondue adalah lebih dari sekedar hidangan; itu adalah bagian integral dari budaya dan gaya hidup, sebuah ritual kulinari yang merayakan kebersamaan, kehangatan, dan kelezatan.

Enrich

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *