Kuliner Klasik Roma: Menyelami Makanan Favorit di Jantung Italia

OUTSIDETHEARC – Italia, terkenal dengan kontribusinya yang luar biasa pada dunia kuliner, menawarkan ragam hidangan yang mencerminkan kekayaan budaya dan sejarahnya. Di Roma, ibu kota Italia, makanan tidak hanya merupakan bentuk nutrisi, tetapi juga ekspresi seni, tradisi, dan kehidupan. Dari pasta yang sempurna hingga es krim gelato yang lembut, setiap hidangan mempunyai cerita untuk diceritakan. Berikut ini kita akan menggali beberapa makanan favorit yang memadukan cita rasa dan warisan Roma.

Pasta Carbonara:
Salah satu hidangan pasta yang paling ikonik dari Roma, Carbonara adalah perpaduan sederhana namun lezat dari pasta (biasanya spaghetti), pancetta atau guanciale (pipi babi asin), keju Pecorino Romano, telur, dan lada hitam. Hidangan ini adalah perwakilan dari kecintaan Roma pada hidangan dengan bahan berkualitas tinggi dan cara memasak yang memperkuat rasa alami.

Pizza Romana:
Meskipun pizza berasal dari Napoli, Roma memiliki versi pizza yang unik yaitu Pizza Romana. Dibedakan dengan crust yang renyah dan tipis, pizza ini umumnya dihidangkan dengan berbagai topping mulai dari yang sederhana seperti Pizza Margherita hingga kombinasi yang lebih gourmet.

Supplì:
Supplì adalah camilan jalanan yang digemari di Roma. Berupa bola nasi yang dibumbui dengan saus tomat dan mozzarella, lalu dilapisi dengan tepung roti dan digoreng hingga renyah. Supplì sering disajikan sebagai antipasto, menawarkan kenikmatan rasa yang gurih dan tekstur yang kontras.

Saltimbocca alla Romana:
Hidangan klasik lainnya, Saltimbocca alla Romana terdiri dari potongan tipis daging sapi yang ditumpuk dengan ham dan daun sage, ditusuk tusukan dan dimasak dalam wine atau minyak zaitun. Nama ‘saltimbocca’ berarti ‘lompat ke mulut’, menggambarkan betapa lezatnya hidangan ini sehingga seolah melompat ke mulut sendiri.

Carciofi alla Romana:
Carciofi alla Romana, atau artichoke ala Roma, adalah hidangan musiman di mana artichoke segar disiapkan dengan diisi rempah-rempah dan dibumbui dengan bawang putih, peterseli, mint, dan jus lemon, lalu dimasak dengan minyak zaitun hingga lembut. Hidangan ini menampilkan salah satu sayuran favorit di Roma.

Gelato:
Tidak ada kunjungan ke Roma yang lengkap tanpa mencicipi gelato, es krim Italia yang terkenal. Dengan tekstur yang lebih padat dan rasa yang lebih intens dibandingkan es krim biasa, gelato disajikan dalam berbagai rasa autentik dan inovatif.

Kesimpulan:
Roma bukan hanya tentang Colosseum atau Vatican, tetapi juga tentang kelezatan kuliner yang telah berkembang selama berabad-abad. Dari makanan kaki lima hingga santapan gourmet, setiap hidangan yang disajikan di Roma adalah perayaan dari sejarah dan budaya Italia yang kaya. Makanan favorit di kota ini tidak hanya menciptakan kepuasan rasa bagi para penikmatnya, tetapi juga memberikan pengalaman imersif dalam tradisi dan cara hidup orang Roma.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *