Kelezatan Tersembunyi di Jantung Amerika Selatan: Kuliner Asunción, Paraguay

OUTSIDETHEARC – Asunción, ibu kota Paraguay, merupakan sebuah kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Terletak di tepi Sungai Paraguay, kota ini tidak hanya terkenal dengan keindahan arsitektur kolonialnya, tetapi juga dengan kekayaan kuliner yang mencerminkan pengaruh budaya Guarani, Spanyol, dan imigran lainnya. Dari asado yang lezat hingga makanan penutup manis seperti dulce de guayaba, Asunción menawarkan berbagai macam makanan yang harus dicoba setiap pengunjung.

  1. Sopa Paraguaya
    Meskipun namanya mengandung kata “sopa” yang berarti sup dalam bahasa Spanyol, Sopa Paraguaya adalah sejenis kue jagung yang padat dan lezat, bukan sup. Makanan ini adalah hasil dari kombinasi keju, bawang, dan jagung, yang dipanggang hingga berwarna keemasan. Sopa Paraguaya dianggap sebagai hidangan nasional Paraguay dan sering disajikan dalam acara-acara khusus.
  2. Chipa
    Chipa adalah roti keju tradisional yang umum di Paraguay. Roti ini dibuat dari tepung tapioka, keju, telur, dan susu atau air. Biasanya, chipa disajikan sebagai camilan dan sangat populer selama Pekan Suci (Semana Santa). Chipa juga merupakan bagian penting dari warisan kuliner Paraguay dan sering dijual di jalanan Asunción oleh para pedagang keliling.
  3. Asado
    Asado Paraguayo adalah versi lokal dari barbecue atau panggangan daging khas Amerika Selatan. Daging sapi, babi, atau ayam dipanggang perlahan di atas bara api dari kayu keras yang memberikan aroma khas. Asado tidak hanya sekedar cara memasak daging, tetapi juga merupakan acara sosial di mana keluarga dan teman berkumpul untuk menikmati makanan dan kebersamaan. Di Asunción, terdapat banyak restoran asado yang menawarkan pengalaman kuliner yang otentik.
  4. Mbeju
    Mbeju adalah sejenis pancake tebal yang terbuat dari tepung tapioka dan keju. Makanan tradisional ini sering disantap untuk sarapan atau sebagai camilan siang hari. Mbeju memiliki tekstur yang khas dan rasa yang gurih, dan dapat ditemukan di banyak kafe dan restoran di Asunción.
  5. Tereré
    Meskipun bukan makanan, tidak ada pembahasan tentang kuliner Paraguay yang lengkap tanpa menyebut Tereré. Ini adalah minuman nasional Paraguay yang terbuat dari yerba mate, sejenis daun yang juga digunakan untuk membuat mate di negara-negara seperti Argentina dan Uruguay. Tereré disajikan dingin dan sering kali diperkaya dengan ramuan atau jus buah. Di Asunción, Tereré adalah minuman yang menyegarkan, terutama selama hari-hari yang panas.
  6. Pira caldo
    Pira caldo adalah sup ikan yang kaya rasa, dibuat dengan ikan sungai lokal seperti surubi atau pacu. Sup ini biasanya dimasak dengan sayuran, seperti wortel, tomat, dan paprika, serta ditambahkan dengan banyak bumbu dan rempah-rempah. Pira caldo adalah contoh lezat dari penggunaan bahan-bahan segar dan lokal dalam masakan Paraguay.

Kesimpulan:
Asunción, dengan keanekaragaman kuliner yang memadukan tradisi Guarani dengan pengaruh kuliner Eropa, menawarkan pengalaman makan yang unik bagi penduduk setempat dan wisatawan. Dari hidangan yang mengenyangkan seperti Sopa Paraguaya hingga makanan ringan seperti chipa, kota ini memiliki sesuatu yang akan memuaskan selera setiap orang. Kunjungan ke Asunción tidak akan lengkap tanpa menikmati kekayaan rasa yang ditawarkan oleh makanan-makanan ini.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *