Kelezatan Kuliner Peru: Makanan Terkenal di Lima

OUTSIDETHEARC – Peru adalah negara yang kaya akan sejarah dan budaya, dan ibu kotanya, Lima, merupakan salah satu pusat gastronomi terkemuka di Amerika Selatan. Berikut ini adalah beberapa makanan terkenal yang dapat Anda temukan di Lima, yang tidak hanya mencerminkan keragaman budaya Peru tetapi juga inovasi dan tradisi kuliner yang telah diwariskan selama berabad-abad.

  1. Ceviche
    Salah satu makanan terkenal Peru yang telah mendunia adalah Ceviche. Ini adalah hidangan ikan mentah yang dibumbui dengan jus lemon atau limau, bawang merah, cabai, dan disajikan dengan camote (ubi jalar manis) dan maiz (jagung Peru). Di Lima, Anda dapat menemukan ceviche segar di hampir setiap restoran seafood.
  2. Lomo Saltado
    Lomo Saltado adalah contoh sempurna dari pengaruh imigrasi pada kuliner Peru. Hidangan ini adalah stir-fry yang menggabungkan daging sapi, tomat, bawang, dan cabai hijau yang dihidangkan dengan kentang goreng dan nasi. Gaya masakan ini mencerminkan integrasi teknik masakan Tiongkok dan bahan-bahan Peru.
  3. Aji de Gallina
    Hidangan klasik ini terbuat dari daging ayam yang direbus dan disuir, disajikan dalam saus krim kuning yang dibumbui dengan aji amarillo (cabai Peru) dan kacang kenari. Aji de Gallina biasanya disajikan dengan kentang rebus dan nasi putih.
  4. Anticuchos
    Anticuchos adalah sate yang biasanya terbuat dari daging sapi, khususnya jantung sapi yang telah dimarinasi dalam campuran bumbu berbasis vinegar dan aji panca (jenis cabai Peru). Ini adalah makanan jalanan populer yang bisa ditemukan di seluruh Lima, terutama di malam hari.
  5. Causa Limeña
    Hidangan ini merupakan lapisan kentang halus yang dibumbui dengan jus lemon, aji amarillo, dan diisi dengan berbagai isian seperti tuna, daging ayam, atau sayuran. Causa Limeña adalah hidangan yang menyegarkan dan sering disajikan sebagai makanan pembuka.
  6. Pollo a la Brasa
    Pollo a la Brasa, atau ayam panggang Peru, adalah hidangan yang sangat populer di kalangan warga lokal dan wisatawan. Ayamnya dibumbui dengan rempah-rempah Peruvian dan dipanggang hingga kulitnya renyah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kentang goreng dan salad.
  7. Picarones
    Untuk pencuci mulut, Picarones adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Ini adalah donat yang terbuat dari labu dan ubi manis, yang digoreng dan disiram dengan sirup permen khas Peru yang disebut chancaca.
  8. Suspiro a la Limeña
    Hidangan pencuci mulut lainnya yang terkenal adalah Suspiro a la Limeña. Ini adalah mousse manis yang terbuat dari susu manis yang dikentalkan, mirip dengan caramel, dan ditutupi dengan meringue beraroma sinamon.
  9. Pisco Sour
    Meskipun ini bukan makanan, tidak ada pembicaraan tentang kuliner Peru yang lengkap tanpa menyebut Pisco Sour. Ini adalah koktail nasional yang terbuat dari pisco (brandi anggur Peru), jus lemon, gula, putih telur, dan beberapa tetes Angostura bitters.

Kuliner Lima mencerminkan sebuah perpaduan yang harmonis antara bahan-bahan tradisional dengan pengaruh global, menghasilkan cita rasa yang unik dan beragam. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Lima, pastikan untuk mencicipi setiap hidangan ini untuk pengalaman kuliner yang autentik dan tak terlupakan.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *