outsidethearc.com

outsidethearc.com – Kasus skandal Burning Sun telah kembali ke panggung publik berkat dokumenter yang diunggah oleh BBC, yang mengungkap fakta-fakta penting. Dalam konteks ini, nama Goo Hara, mantan anggota girlband KARA, muncul sebagai salah satu tokoh kunci dalam upaya penguakkan skandal tersebut.

Goo Hara, yang melanjutkan karier solo setelah bubarnya KARA pada tahun 2016, hidup dalam lingkaran liku-liku industri hiburan Korea Selatan. Pada tahun 2018, dia terlibat dalam kasus molka dengan mantan pacarnya, Choi Jong Bum, yang mengancam untuk merusak karier Hara dengan menyebarkan video intim mereka. Kisah tragisnya, Hara memutuskan untuk mengakhiri hidupnya pada November 2019.

Dalam dokumenter BBC yang berjudul ‘Burning Sun: Exposing the secret K-pop chat groups’, peran penting Hara dalam membantu mengungkap skandal Burning Sun diungkapkan oleh reporter SBS, Kang Kyung Yoon. Hara, yang memiliki hubungan dekat dengan Seungri, Jung Joon Young, dan Choi Jong Hoon sejak masa trainee, mulai mencurigai perilaku mereka setelah melihat mereka terlalu fokus pada ponsel mereka.

Hara menghubungi Kang Kyung Yoon untuk memberikan bantuan, dan akhirnya membantu mengungkap identitas polisi yang berkolusi dengan Seungri dan rekannya, yang dikenal sebagai Jaksa Agung Polisi. Dengan bantuan Hara, Choi Jong Hoon mengakui bahwa Jaksa Agung Polisi adalah polisi bernama Yoon Kyu Keun yang bekerja di kediaman presiden.

Kontribusi Hara tidak sekadar sebagai penolong biasa, tetapi juga sebagai sosok yang merasa dekat dengan korban-korban kasus molka, termasuk dirinya sendiri. Bantuannya dalam mengungkap identitas polisi yang berkolusi sangat berharga. Namun, tragedi terbesar datang ketika sahabatnya, Sulli, juga mengakhiri hidupnya pada Oktober 2019.

Setelah dokumenter BBC mengangkat jasa Hara dalam skandal Burning Sun, unggahan terakhir Hara di Instagram, yang berisi foto dirinya dengan caption “selamat malam”, kini dipenuhi dengan ucapan terima kasih.