Kelezatan Kuliner Taipei: Makanan Favorit yang Mencerminkan Keragaman Budaya

OUTSIDETHEARC – Taipei, ibu kota Taiwan, adalah surga bagi para penikmat kuliner, yang menawarkan aneka ragam makanan yang tak hanya lezat tetapi juga merefleksikan keragaman budaya yang kaya. Dari jalanan yang ramai dengan penjual makanan kaki lima hingga restoran yang menyajikan hidangan gourmet, Taipei memiliki sesuatu untuk setiap selera. Berikut ini adalah beberapa makanan favorit yang sering dinikmati oleh penduduk lokal dan wisatawan di Taipei.

  1. Beef Noodle Soup (牛肉麵)
    Salah satu hidangan ikonik Taiwan adalah beef noodle soup. Hidangan ini terdiri dari kuah kaldu yang kaya rasa, mie yang kenyal, dan potongan daging sapi yang empuk. Setiap kedai memiliki resep rahasia untuk kuahnya, dengan beberapa menggunakan rempah-rempah seperti bunga lawang, kayu manis, dan cabai untuk menambah kedalaman rasa.
  2. Bubble Tea (珍珠奶茶)
    Bubble tea, atau boba, adalah minuman yang sangat populer di kalangan orang Taiwan yang menyebar ke seluruh dunia. Minuman ini biasanya terdiri dari teh yang dicampur dengan susu atau jus buah, dan ditambahkan dengan tapioka pearls yang kenyal. Variasi rasa dan topping membuat bubble tea selalu menarik untuk dicoba.
  3. Gua Bao (割包)
    Gua bao, sering disebut sebagai “roti babi Taiwan”, adalah sejenis roti lembut yang diisi dengan daging babi yang dimasak perlahan, sayuran acar, cilantro, dan kadang-kadang ditambahkan kacang tanah yang dihancurkan. Ini adalah kombinasi rasa yang sempurna antara manis, asin, dan segar.
  4. Stinky Tofu (臭豆腐)
    Meski namanya mungkin mengundang kerutan di dahi, stinky tofu adalah cemilan jalanan yang sangat digemari di Taiwan. Tofu yang difermentasi ini memiliki aroma yang khas dan biasanya digoreng hingga luarannya renyah sementara bagian dalamnya tetap lembut. Disajikan dengan saus cabai dan saus manis, ini adalah pengalaman kuliner yang benar-benar unik.
  5. Oyster Omelette (蚵仔煎)
    Oyster omelette adalah campuran dari telur yang digoreng dengan tepung tapioka untuk menciptakan tekstur yang unik dan ditambah dengan tiram segar dan sayuran. Biasanya disajikan dengan saus khusus yang menambahkan rasa manis dan sedikit pedas pada hidangan.
  6. Mango Shaved Ice (芒果冰)
    Taipei sangat panas pada musim panas, dan tidak ada yang lebih menyegarkan daripada semangkuk mango shaved ice. Hidangan penutup ini terbuat dari es yang dicukur halus, ditutupi dengan potongan mangga segar, dan kadang-kadang disertai dengan susu kental atau bola es krim.
  7. Xiao Long Bao (小籠包)
    Din Tai Fung, sebuah restoran yang berasal dari Taipei, telah membuat xiao long bao menjadi terkenal di seluruh dunia. Dumpling kukus ini diisi dengan daging dan kaldu yang kaya rasa, dan dimakan dengan cara yang spesifik untuk menghindari tumpahnya isi yang berharga.

Taipei adalah kota yang penuh dengan pilihan kuliner yang menggugah selera. Makanan favorit ini hanyalah segelintir dari apa yang dapat ditemukan di kota yang ramai ini. Dengan setiap kunjungan ke kedai makanan atau restoran, Anda bisa menemukan hidangan baru yang mencerminkan tradisi dan inovasi kuliner Taiwan.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *