Kuliner Khas Berlin: Menyelami Makanan Favorit di Jantung Jerman

OUTSIDETHEARC – Berlin, sebagai ibu kota Jerman, tidak hanya terkenal karena sejarah dan kebudayaannya yang kaya, tetapi juga karena kuliner yang beragam dan lezat. Kota ini melambangkan percampuran tradisi dengan modernitas, yang tercermin dalam makanannya. Artikel ini akan menggali beberapa makanan paling dicintai dan sering ditemui di Berlin.

Currywurst:
Currywurst adalah simbol dari street food Berlin. Hidangan ini terdiri dari sosis babi yang dipotong-potong, disiram dengan saus tomat yang dibumbui dengan kari dan seringkali disajikan dengan sepiring kentang goreng (Pommes Frites). Ini adalah cemilan yang sangat populer di kalangan penduduk setempat dan turis, dan tak terhitung jumlah imbiss (kios makanan kecil) yang dapat Anda temukan di seluruh kota yang menjualnya.

Döner Kebab:
Döner kebab telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pemandangan kuliner Berlin sejak diintroduksikan oleh imigran Turki. Kebab döner dibuat dari daging yang dipanggang pada sebuah tusuk dan diputar secara vertikal, yang kemudian diiris tipis dan disajikan dalam roti pita dengan sayuran segar dan saus.

Schnitzel:
Meskipun schnitzel sering dikaitkan dengan masakan Austria, varian Berlin dari hidangan ini juga sangat terkenal. Schnitzel adalah daging yang ditipiskan, dilapisi dengan tepung, telur, dan roti tawar, kemudian digoreng hingga kecokelatan. Di Berlin, schnitzel sering disajikan dengan saus lemon, kentang, atau salad.

Eisbein:
Eisbein, atau kaki babi yang direbus, adalah hidangan klasik Jerman yang secara tradisional disantap di Berlin. Biasanya disajikan dengan sauerkraut (kubis fermentasi), pure kentang, dan mustard, eisbein merupakan hidangan yang sangat mengenyangkan.

Kartoffelsalat:
Salad kentang Jerman adalah hidangan sampingan yang biasa disajikan di Berlin. Berbeda dengan versi Amerika, kartoffelsalat Jerman biasanya dibuat tanpa mayones dan disajikan hangat atau pada suhu kamar dengan cuka, minyak, bawang, dan kadang-kadang daging asap atau bacon.

Berliner Pfannkuchen:
Berliner Pfannkuchen adalah donat tanpa lubang yang diisi dengan selai atau marmalade dan ditaburi gula bubuk. Ini adalah makanan penutup yang populer, terutama selama perayaan Karneval dan Tahun Baru.

Buletten:
Buletten, atau frikadellen, adalah bola daging goreng yang mirip dengan hamburger patty. Buletten bisa disantap sendiri, dengan roti, atau sebagai bagian dari makanan yang lebih besar dengan saus dan lauk pauk.

Penutup:
Kuliner Berlin menawarkan campuran unik dari kenyamanan makanan Jerman dengan pengaruh internasional. Dari currywurst yang cepat dan mudah hingga eisbein yang tradisional, setiap hidangan mencerminkan sebagian dari jiwa dan sejarah Berlin. Mencicipi makanan-makanan ini bukan hanya tentang memuaskan rasa lapar, tetapi juga tentang mengalami keberagaman dan kekayaan budaya yang membuat Berlin menjadi salah satu kota paling menarik di dunia.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *