Kelezatan Kuliner Khas Lisbon, Portugal

OUTSIDETHEARC – Lisbon, ibu kota Portugal yang memukau, tidak hanya terkenal dengan sejarah dan keindahan arsitekturnya yang menawan tetapi juga dengan kuliner tradisionalnya yang kaya rasa. Makanan di Lisbon mencerminkan sejarah panjang dan budaya pelaut bangsa Portugis, dengan bahan-bahan segar dari laut dan resep yang telah diwariskan turun-temurun. Berikut ini adalah beberapa makanan khas yang wajib dicoba ketika mengunjungi Lisbon.

  1. Bacalhau (Cod Fish)
    Bacalhau, atau ikan kod, adalah salah satu makanan paling ikonik di Portugal. Disebut sebagai “fiel amigo” (teman setia), ikan kod kering dan asin ini dapat diolah menjadi lebih dari 365 resep, yang berarti Anda bisa menikmati satu resep berbeda setiap hari dalam setahun. Di Lisbon, coba “Bacalhau à Brás” yang disajikan dengan telur orak-arik, kentang, dan bawang, atau “Bacalhau com Natas” di mana ikan dipadukan dengan krim.
  2. Pastéis de Belém / Pastéis de Nata
    Tak lengkap rasanya berkunjung ke Lisbon tanpa mencicipi pastéis de nata, atau pastéis de Belém, yang merupakan tart krim telur yang gurih dan manis. Kue kecil ini pertama kali dibuat oleh para biarawan di Mosteiro dos Jerónimos di freguesia Belém, Lisbon. Pastéis de nata terbaik bisa ditemukan di toko kue yang bersejarah, Fábrica de Pastéis de Belém, yang telah membuat kue ini sejak tahun 1837.
  3. Sardinhas Assadas
    Sardinhas assadas, atau sarden panggang, adalah salah satu makanan musim panas yang paling disukai di Lisbon. Biasanya disajikan pada festival Santo António, sardinhas assadas dihidangkan dengan sederhana di atas roti atau dengan salad kentang dan sayuran. Ikan sarden segar dipanggang hingga kulitnya garing dan dagingnya tetap lembut dan juicy, seringkali hanya dibumbui dengan sedikit garam.
  4. Caldo Verde
    Caldo Verde, yang berarti “sup hijau”, adalah sup tradisional Portugis yang terbuat dari kubis Galicia yang diiris tipis, kentang, dan chorizo (sosis Portugis). Sup ini awalnya berasal dari utara Portugal tetapi sekarang menjadi makanan pokok di seluruh negeri, khususnya di Lisbon. Caldo Verde biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau saat malam yang sejuk.
  5. Ameijoas à Bulhão Pato
    Dinamakan setelah penyair Portugis Raimundo António de Bulhão Pato, Ameijoas à Bulhão Pato adalah hidangan kerang yang dimasak dengan bawang putih, koriander, minyak zaitun, dan kadang-kadang sedikit anggur putih. Ini adalah contoh sempurna dari makanan laut segar yang dimasak dengan sederhana namun lezat, umumnya dinikmati sebagai petisco, atau tapas Portugis.
  6. Bifanas
    Bifanas adalah sandwich daging babi tipis yang dibumbui dengan bawang putih dan rempah-rempah, kemudian dipanggang atau digoreng dan disajikan di dalam roti. Bifana adalah makanan ringan yang populer di Lisbon, biasanya disantap bersama dengan cerveja (bir) dingin. Anda bisa menemukan bifanas di banyak tasca (kedai kecil) dan bar di seluruh kota.
  7. Arroz de Marisco
    Arroz de Marisco adalah paella ala Portugis yang kaya rasa. Hidangan berbasis seafood ini menggabungkan beras dengan berbagai jenis kerang, udang, dan kadang-kadang ikan, semua dimasak dalam saus tomat yang kaya dengan bumbu dan rempah. Ini adalah hidangan khas dari daerah pesisir dan sangat populer di Lisbon.

Kesimpulan:
Lisbon menawarkan keragaman kuliner yang mencerminkan kekayaan sejarah dan budaya maritim Portugal. Dari makanan laut yang segar hingga kue khas yang manis, setiap hidangan memberikan pengalaman rasa yang unik dan menggugah selera. Saat mengunjungi Lisbon, pastikan untuk mencicipi berbagai hidangan ini untuk merasakan esensi kuliner Portugal yang sebenarnya.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *